Panik karena Cacingan

Kalian yang lagi baca postingan ini pasti lagi penasaran sama yang namanya cacing kan? Cacing yang bisa hidup di dalam perut kita 😆



Kalau dibayangin emang amat menjijikan dan geli. But tahukah kalian? Cacing ini merupakan parasit bagi tubuh kita. Mereka menyerap sari-sari makanan yang berharga buat pertumbuhan dan perkembangan bagi anak-anak. Bagi orang dewasa, dapat menghambat aktivitas sehari-hari kita. Ya! Bukan hanya anak-anak yang bisa terkena cacingan, orang dewasa pun bisa. Makanan yang kita konsumsi, yang seharusnya untuk energi kita dalam beraktivitas justru 'dicuri' oleh mereka. Maka tubuh kita akan kekurangan energi dan nutrisi. Akibatnya tubuh akan selalu merasa lelah, lesu, lemah. Untuk kasus berat bisa mengakibatkan anemia karena ada jenis cacing yang bisa menghisap darah. Detail jenis cacingnya kalian bisa cari sendiri ya, sudah banyak artikel yang memposting.

So, disini aku mau berbagi cerita saja. Aku tahu apa yang membuat kalian risau hingga perlu mencari-cari informasi nya di berbagai artikel 😄

Jadi beberapa hari lalu aku merasa ada yang bergerak-gerak di lubang dubur. Awalnya geli. Tapi lama-lama aku mikir, apaan si ini?

Aku pun googling dan kesimpulan yang aku dapet ternyata itu adalah jenis cacing kremi yang bersarang. Allahu ... seketika badanku merinding dan panik. Rasa geli tadi berubah jadi jijik dan takut.

Jadi cacing jenis ini bentuknya kecil, putih seperti parutan kelapa. Biasanya cacing betina aktif di malam hari, berkembeng biak mengeluarkan telurnya di sekitar lubang dubur. Penyebarannya juga cepat dan jika satu orang keluarga positif terinfeksi jenis cacing ini, maka seluruh anggota keluarga juga perlu dilakukan penanganan pencegahan.

Lanjut ke cerita. Tanpa pikir panjang aku langsung ke apotek membeli obat golongan Antelmintik (anticacing) yang mengandung Pirantel Pamoat (obat ini cukup terkenal sih hehe). 

Fyi, obat ini memang diindikasikan untuk jenis Cacing kremi (Enterobius vermicularis, thredworm, pinworm), Cacing gelang (Ascaris lumbricoides, roundworm), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale, hookworm), Cacing tambang (Necator americanus, hookworm), Trichostrongilus colubriformis dan Trichostrongilus orientalis), baik yang terdapat tunggal, maupun infeksi campuran (IONI, 2008).

Diberikan dalam dosis tunggal 10 mg/kg BB (maksudnya dosis tunggal adalah diberikan cukup sekali saja). Umumnya untuk dewasa diberikan 500 mg. Obat yang aku beli tadi itu mengandung 250 mg Pirantel Pamoat tiap tabletnya. Jadi aku harus minum dua tablet. 
Ada beberapa sediaan yang per tablet mengandung 125 mg Pirantel Pamoat. Jadi untuk dewasa memang diharuskan meminum 4 tablet sekaligus. Jangan khawatir overdosis karena kebanyakan tabletnya. Kalau dosis totalnya benar 500 mg maka aman saja. Kecuali kalau per tablet 250 mg dan diminum sekaligus 4 tablet, itu jelas overdosis.

Dalam literatur memang tidak dicantumkan dosis maksimal, tapi kelebihan dosis dapat meningkatkan efek samping. Waktu aku minum obat ini, efek samping yang aku rasakan itu berupa sakit kepala, nafsu makan berkurang (entah karena obat atau khawatir wkwk) dan sedikit mengantuk. Tapi jangan kurang juga dosisnya karena dapat menyebabkan efek pengobatan tidak maksimal atau bahkan tidak berefek.

Lanjut ke cerita. Aku sih tanpa ragu langsung minum kedua tabletnya karena gamau ada cacing-cacing pencuri ini dalam tubuh. Jijik sekaligus benci. Tapi setelah browsing lagi, ada yang bilang katanya cacing bisa keluar utuh bahkan masih hidup. OH NO !!!! 

Barulah aku panik setengah mati seharian. Kalau kebayang harus narik cacing yang nyangkut di lubang dubur, uh rasanya merinding, pengen teriak padahal baru kebayang aja. Jangankan pegang, lihat gambar foto cacing aja udah bikin bulu kuduk merinding, apalagi harus menghadapi cacing nyangkut di lubang dubur dan harus pegang cacing buat narik keluar. NOOOOOOO !!!

Sebenernya, waktu kecil aku juga pernah narik sesuatu yang nyangkut di lubang dubur. Entah itu apa tapi ga pernah kepikiran kalau itu cacing. Aku pikir itu sayur kangkung yang aku makan sehari sebelumnya. Kalau dipikir-pikir sih mana mungkin kangkung keluar kangkung, ye gak????

So ketakutan aku jadi makin berkali lipat setelah mengingat kejadian dulu itu yang sampai sekarang sebenarnya masih jadi pertanyaan.

Setelah minum obat itu duburku jadi makin sering geli nya. Duh kalau dibayangin lagi bikin merinding. Sampai malam masih berasa gelinya (aku minum sekitar jam 11 siang), mungkin cacingnya lagi kelabakan kena efek obat. Sambil terus menebak-nebak apa yang bakal terjadi besok saat BAB. Allahu ... seharian bener-bener panik.

Malam pun datang, aku baru bisa tidur jam 11 malam. Kebangun jam setengah 4 pagi, bukan karena mules tapi memang lagi panik tidur pun ga tenang. Dan pas sadar itu aku hampir tidak bergerak sama sekali dari posisi awal tidur, takut cacingnya menyembul keluar. Hiiiiiy !! JANGAN DIBAYANGIN.

Aku ga bisa tidur lagi setelah itu. Pas adzan subuh, baru deh berasa mules. Bukannya cepet beranjak tapi malah makin takut. Awalnya aku tahan karena biasanya kalau belum sarapan BAB nya setengah-setengah 😂 Jadi sepagi itu aku paksa minum susu dan roti. Setelah itu langsung mules dan dengan tekad kuat beranjak ke kamar mandi. Bawa tissu tebel-tebel kalo-kalo yang aku takutin bener kejadian (biar pas narik ga berasa megang cacing bener) LOL.

And the result is???? Aku BAB biasa kooookkkk. Tanpa horor yang aku takutin itu. Bentuknya udah bener feses. Jangan tanya ada cacingnya atau gak ya. Sempet liat sih tapi langsung aku siram biar ga jadi hantu gentayangan 😆

Sampai saat ini aku masih gatau ya tentang cerita orang yang katanya pernah ngeluarin cacing utuh. Mungkin itu jenis cacing tambang yang memang bentuknya panjang dan tidak sempat hancur di pencernaan jadilah keluar utuh. 

TAPI INTINYA jangan takut minum obat cacing. Lebih baik cacingnya dikeluarkan daripada terus dibiarkan dalam perut karena berbahaya bagi kesehatan. Kualitas hidup kita juga jadi menurun karena kurangnya energi. Tekadkan sepenuh hati buat menghadapi apapn yang akan terjadi. Sibuk-sibuk aja sambil nunggu mules nya 😤 Semoga kalian juga tidak akan pernah ngalamin kehororan cacing 😉

tachi

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com